Halaman

Jumat, 26 April 2013

Bahasa arab adalah bahasa pertama di bumi ini !!!!



Bagi kita yang merasa sebagai manusia harus lah selalu berkomunikasi antar sesama, baik itu dengan keluarga maupun dengan orang lain, karena kita adalah makhluk sosial maka kita tidak lepas dari komunikasi.Untuk itu diperlukannya suatu bahasa yang menggambarkan keinginan atau pun sikap seseorang dalam penyampaian, baik secara lisan, tulisan maupun isyarat.
Manusia berkomunikasi adalah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa komunikasi kita tidak bisa berbuat banyak. Zaman purba lah salah satunya yang memberikan peninggalan yang satu ini dan saat ini bermacam dan tata bahasa yang ada, maka terciptalah suatu komunikasi yang disebut sebagai "Bahasa". Jadi Bahasa pertama kali ditemukan adalah pada zaman purba, hal ini berdasarkan pendapat lain dari sumber yang ada.
Katanya.. bahasa yang pertama kali sebelum manusia mengenal tulisan yaitu dengan memberikan suatu gambar, simbol-simbol dan gerak tubuh.
Dahulu, memang bahasa yang digunakan tidak beragam seperti sekarang. Jadi, misalnya kita dalam bahaya atau menemukan sesuatu yang berharga kita bisa memberikan isyarat dengan berteriak sekeras-kerasnya atau menunjukan ke suatu objek yang ada untuk memberi tahu kan ke orang disekitarnya*kebayang ribetnya.puiiih -_-“.
Seiring dengan perkembangan yang ada, bahasa yang digunakan juga semakin komplek. Manusia mulai mengenal tulisan dan diolah lagi menjadi komunikasi verbal, atau komunikasi yang digunakan melalui lisan.
 Itu adalah secara keseluruhan atau pertama kali terciptanya sebuah bahasa, tapi kalau misalnya pertama kali yang menemukan bahasa inggris, bahasa indonesia dan bahasa-bahasa yang lain, mungkin itu adalah peninggalan atau tercipta hasil dari para leluhur masing-masing negara yang saat itu menggunakan bahasa tersebut setelah bahasa pertama kali itu tercipta, dan sampai saat ini bahasa-bahasa tersebut dipakai.
Kenapa bahasa-bahasa tersebut beraneka ragam dan tutur kata yang berbeda ?, karena kita berada bukan pada suatu tempat yang sama, zaman dahulu manusia berpencar dan berpindah-pindah tempat sehingga peradaban dan alam disekitar mempengaruhi bahasa mereka.
            Sedikit perbedaan pendapat dan definisi lain tetapi sesuai dengan judul tulisan ini , Saya  berpendapat bahasa yang pertama kali adalah bahasanya Nabi Adam As “Sang manusia pertama di bumi ini”Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa:
1.Penduduk surga bertutur kata dengan bahasa Arab  dan para bidadari Surga juga berkata-kata dengan menggunakan bahasa Arab.
2.Diriwayatkan dari Rasulullah Saw: “Saya mencintai bahasa Arab disebabkan karena tiga hal: Pertama bahwa saya sendiri adalah orang berkebangsaan Arab. Kedua bahwa al-Qur’an dalam bahasa Arab. Ketiga, bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab.”
3. Diriwayatkan dari Imam Shadiq As dari ayahnya, “Allah Swt tidak berkata-kata dengan para nabi kecuali dengan bahasa Arab.”
4.Bahasa Arab adalah bahasa Allah Swt  dan Allahlah yang menjadikannya superior atas bahasa-bahasa lain.
Dari sebagian dalil dan keterangan yang telah di tuturkan diatas pastinya kita sebagai muslim akan berpikir secara muslim pula yang percaya akan hadits dan qur’an, dan dapat kita simpulkan Bahasa yang pertama kali ada di dunia ini adalah bahasa arab didasarkan pada kisah Adam dan Hawa yang dulunya keduanya tinggal di syurga, yang mana di syurga mereka berdua bercakap-cakap dengan bahasa arab, namun kemudian mereka membangkang dan memakan buah terlarang,sehingga Allah SWT menurunkan keduanya di bumi, silahkan lihat QS.Albaqoroh 35-36.
Bukan hanya alasan diatas yang menjadikan Bahasa arab adalah bahasa pertama tetapi juga banyak hadir di sekitar kita nama benda atau sesuatu yang berasal dari bahasa arab juga seperti, Kalau kita ke pasar buah, terus ketemu buah yang lonjong berwarna kuning, itu namanya pisang! Kalau di Ingris (Banana), Perancis (Banane),  Jerman(Banane),  Belanda (Banaan). Ternyata asal muasalnya dari Bahasa Arab(Banan al-mauz) yang artinya jari-jari pisang.
Masih di pasar buah, siapa yang tidak kenal buah limun atau jeruk nipis? Orang-orang Inggris bilang (Lemon), Italia (Limone), Spanyol (Limon). Dan asalnya dari Bahasa Arab (Laimun/limah).
Sekarang kalau kita mau nongkrong di cafĂ©*kalo di cipasung di Oscar , trus kita pesan kopi dong? Nah, orang inggris pesannya (coffee), Perancis (cafe), Italia (caffe), Jerman (kaffee), Belanda (koffie), Turki (kahve). Rupanya semua kata-kata itu berasal dari Bahasa Arab (qahwa).
Ada sobat yang gak doyan kopi biasa, pinginnya moca! Dan hampir semua Negara di Eropa juga menyebutnya (moca). Ternyata asal katanya dari Bahasa Arab (Mukha), yaitu nama sebuah pelabuhan di Jepang. Ceritanya dulu saudagar Arab membawa moca lewat pelabuhan mukha yang ada di jepang, jadilah namanya mukha atau moca.
Dan kalau mau tambah gula alias kopinya terlalu pahit, orang perancis nyebutnya (sucre), Inggris(sugar), Jerman (zucker), Belanda (suiker). Asalnya dari bahasa Arab(Sukkar). Karena diproduksi dari pohon tebu (Qasab sukkar).
Sekarang kita pindah ke topik yang lain, Sobat pasti tidak asing dengan kata Aljabar kan? Kalau di Amerika (algebra), Perancis (algebre), dan mayoritas Negara di eropa menyebutnya (algebra). Aljabar ini berasal dari kata Bahasa Arab (Al Jabr) yang diambil dari nama buku pertama di bidang ilmu ini yaitu Al-Jabr wa l-Muqabala (buku tentang pengurangan dan persamaan) karya Al Khawarizmi, ahli matematika dan astronomi asal Persia.
Nah, pernah dengar kata chemistry? Orang bule nyebutnya gitu. Di Italia(chimica), Belanda (chemie), Perancis (chimie), Indonesia (kimia). 
Dan memang, asalnya dari Bahasa Arab (al-kimiya), digagas sendiri oleh ahlinya kala itu Jabr ibnu Hayyan.
Kata gitar, semua pasti tahu! Guitar kalau kata orang Inggris, Belanda (gitaar), Italia (chitarra), Jerman (Gitarre). Dan rupanya berasal dari Bahasa Arab (Qitar).
Jika di suatu hari, kita duduk-duduk santai di atas sofa. Orang bule rata-rata nyebutnya sofa juga! Kata sofa berasal dari Bahasa Arab (suffah)yang artinya tempat duduk yang tinggi.
Dan bila butuh pijat karena mungkin sedang pegel. Orang barat ngomongnya massage, dan ternyata berasal dari kata dalam Bahasa Arab (massa) yang artinya.. ya massage. Orang yang profesi memijat dalam bahasa Arab di sebut Mumassid.
Adapun yang menyebabkan Bahasa di dunia menjadi berbeda-beda (bukan hanya bahasa arab), itu di karnakan  berpencarnya keturunan adam ke segala penjuru bumi yang memiliki perbedaan letak geografis serta segala sesuatu yang berbeda-beda, misalnya keturunan adam yang A pergi ke tempat yang beriklim tropis akan sangat berbeda cara berkomunikasi bahasa mereka dengan keturunan Keturunan adam lain yang pergi ke tempat yang beriklim subtropis, sedang, dan dingin. Dan pada akhirnya setelah proses yang sangat lama dan bertahap, maka perbedaan tidak terjembatani sehingga jadilah keragaman bahasa di dunia ini.
 Wallohu a’lamu bisshowwab. ^_- “a
  


4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus


  2. VIVA.co.id - Dalam melakukan akivitas berkomunikasi, dibutuhkan sebuah media yang disebut bahasa. Dua orang yang berkomunikasi harus menggunakan bahasa yang sama, agar komunikasi berjalan dengan baik.

    Sehubungan dengan itu, komunikasi memiliki tujuan, agar keinginan seseorang dapat terpenuhi. Tanpa komunikasi, maka sulit untuk mengekspresikan keinginan dan kebutuhan kita. Pada zaman purba, manusia berkomunikasi dengan gambar di gua dan kode, seperti asap di atas gunung sebagai cara mereka berkomunikasi.

    Seiring perkembangan budaya, komunikasi dilakukan dengan bahasa. Saat ini, di dunia ada banyak bahasa, setiap negara memiliki bahasa nasionalnya masing-masing. Lalu, muncul pertanyaan bahasa apakah yang pertama kali digunakan manusia? Bahasa Arab Jawabannya. Mau tahu?

    Baca selengkapnya...

    BalasHapus